TIPS MERAWAT VESPA AGAR TETAP PRIMA


Vespa emang nggak ada matinya!” Itulah seruan yang biasa terlontar dari para penggemar kendaraan yang satu ini. Ya, Vespa, khususnya Vespa lawas (2 tak), memang tak pernah lekang ditelan waktu; walaupun klasik masih banyak orang yang menggunakannya.
Nah, bagi Anda yang memiliki Vespa dan ingin agar Vespa Anda tetap prima, berikut ini beberapa tips cara merawat Vespa dari Galih, salah satu anggota komunitas Indonesia Berskuter:
Jaga kondisi kabel persneling
Pahamilah bahwa Vespa Anda termasuk motor lawas, oleh karena itu Anda harus benar-benar memperhatikan kondisi beberapa sparepart-nya, salah satunya kabel persneling. Perhatikan kabelnya, jangan sampai kendor, karena kalau kendor akan membuat Anda sulit untuk berpindah transmisi.
Perhatikan kondisi busi
Busi merupakan salah satu komponen yang terpenting pada Vespa. Anda mungkin sering menemukan pemilik Vespa yang seringkali bergonta-ganti busi. Hal ini bisa saja terjadi, karena pemilihan oli samping yang tidak pas dan kombinasi dengan bahan bakar juga kurang tepat. Jadi, sering-seringlah memeriksa busi, bersihkan busi dari kerak dengan menggunakan amplas dan sedikit bensin.

Merawat karburator
Perhatikan pula kondisi kaburator, bersihkan karburator dari kotoran yang menyumbat. Semprotkan udara bertekanan (compressor) pada spuyer serta komponen lainya.
Merawat bodi
Bodi Vespa tentu menjadi salah satu bagian yang terpenting, karena banyak orang yang 'kepincut' dengan Vespa karena bodinya yang unik dan klasik. Untuk itu, sudah sewajarnya Anda merawat bodi vespa dengan seksama.
Jangan biarkan bodi Vespa Anda dalam keadaan kotor terlalu lama. Ini disebabkan bodi Vespa terbuat dari plat/besi, jadi akan mudah berkarat jika terlalu lama dibiarkan kotor. Perhatikan pula bagian bawah/kolong vespa, karena bagian ini biasanya jadi bagian yang paling kotor.
Tidak lupa, untuk hasil yang lebih prima, sebaiknya Anda juga memoles Vespa Anda setidaknya tiap tiga bulan sekali. **MS

SUMBER(http://www.tnol.co.id)
TIPS MERAWAT VESPA AGAR TETAP PRIMA TIPS MERAWAT VESPA AGAR TETAP PRIMA Reviewed by Unknown on 7:26 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.