5 Perbedaan Warna Dahak Dan Artinya Yang Keluar Saat Batuk

5 Perbedaan Warna Dahak Dan Artinya Yang Keluar Saat Batuk
Perbedaan warna dahak dan artinya yang keluar saat batuk


Warna dahak yang keluar saat batuk dapat menjadi pertanda adanya infeksi bakteri yang berada pada sistem pernapasan kita. Oleh karena itu, Kita wajib tahu tentang perbedaan warna dahak dan artinya ketika kita batuk.

Langsung saja ini lah 5 perbedaan warna dahak dan artinya yang keluar saat kita batuk :

1. Dahak berwarna putih  atau keabu-abuan

Jika kita batuk dan kemudian keluar dahak berwarna putih, itu merupakan indikasi kita terkena infeksi saluran pernapasan atau masalah sinus.

Khusus pada dahak yang berwarna keabu-abuan, itu merupakan pertanda tubuh sedang berusaha menyingkirkan tar yang terakumulasi akibat merokok yang berlebihan atau menghirup asap dan debu. Jadi jika kalian batuk dan keluar dahak berwarna seperti ini itu langkah awal tubuhmu sedang berusaha mengeluarkan material seperti tar, asap, dan polutan yang lainnya.

2. Dahak berwarna kuning gelap atau hijau

Jika yang keluar dahak berwarna kuning gelap atau hijau, itu merupakan pertanda adanya infeksi virus atau bakteri, infeksi sinus, atau infeksi saluran pernapasan tidak jauh berbeda dengan dahak berwarna putih atau keabu-abuan.

Namun suatu studi menyebutkan bahwa dahak yang berwarna kuning gelap atau hijau tidak selalu menandakan terjaidnya infeksi dalam tubuh kita.

3. Dahak berwarna kecoklatan

Bagi kaum pria, merokok adalah hal yang sangat amat wajar. Namun kebanyakan dari perokok aktif tidak menyadari akan bahaya yang ditimbulkan jika kita merokok.

Pasti bagi kalian yang merokok pernah mengalami batuk dan mengeluarkan dahak berwarna kecoklatan. Warna kecoklatan tersebut merupakan kombinasi antara resin, tar dan partikel lain yang ada di dalam kandungan rokok yang kemudian oleh tubuh coba dikeluarkan.

4. Dahak berwarna merah muda

Saat dahak yang keluar berwarna merah muda, itu tandanya ada edema paru atau masuknya suatu cairan kedalam paru. Warna merah muda juga sebagai tanda adanya darah dalam dahak tetapi dengan jumlah yang relatif sedikit.

Jika dahak berwarna merah dan disertai dengan busa, bisa jadi itu indikasi adanya masalah jantung pada  orang tersebut.

5. Dahak berdarah

Dari lima warna dahak, dahak ini lah yang paling berbahaya. Karena, jika kita batuk kemudian keluar dahak yang berdarah itu tandanya kita mengidap penyakit seperti bronkitis, pneumonia, emboli paru, atau TBC.
5 Perbedaan Warna Dahak Dan Artinya Yang Keluar Saat Batuk 5 Perbedaan Warna Dahak Dan Artinya Yang Keluar Saat Batuk Reviewed by Unknown on 2:44 PM Rating: 5

2 comments:

Powered by Blogger.